You are here
Home > Tips & Triks > Tips Berkendara Selamat di Saat Hujan

Tips Berkendara Selamat di Saat Hujan

 derekbanjir_siangHujan deras plus angin kencang serta banjir selalu menimbulkan kecemasan para pengemudi. Perlu kecermatan extra untuk menghadapinya. Garda Oto memberikan beberapa tips (kiat) berkendara aman dan selamat. Semoga bisa membantu Anda.

  1. Pelihara kecepatan sesuai dengan kondisi. Pastikan mengemudi pada kecepatan yang disesuaikan dengan kondisi jarak pandang dan keadaan sekitar. Perhatikan jalan yang tergenang air dan kondisi sekitar lainnya.
  2. Gunakan selalu putaran mesin rendah. Jika mobil yang dikendarai menggunakan mesin bensin, jaga putaran mesin di angka 2500 rpm. Bila mobil diesel, jaga putaran mesin di angka 1800 rpm. Dengan begitu, mobil yang dikendarai bisa terhindar dari slidding sehingga traksi roda tetap optimal.
  3. Hidupkan lampu daytime (lampu kecil) saat hujan. Jangan menggunakan lampu hazard, karena akan mengganggu pandangan pengemudi lain, apalagi saat hujan
  4. Perhatikan jarak pengereman. Saat kondisi hujan, proses pengereman membutuhkan jarak yang lebih panjang dari pada saat kondisi kering. Atur jarak pengereman lebih jauh dari biasanya.
  5. Hindari kecepatan tinggi pada genangan air tipis. Gunakan kecepatan rendah saat mobil melewati genangan air tipis (tidak terlalu dalam), untuk menghindari mobil aquaplaning atau melayang. Karena bila berkecepatan tinggi, ban tidak dapat mencengkram jalan dengan baik, akibatnya, mobil akan tidak stabil saat melaju.
  6. Hindari genangan air melebihi satu jengkal tinggi knalpot Anda. Genangan air yang melebihi satu jengkal tinggi knalpot bisa membuat mobil Anda mogok dan merusak mesin.
  7. Dianjurkan tidak menerobos genangan air yang tinggi.
  8. Waspada! Bagi Anda yang bermukim di daerah rawan banjir, pastikan mobil kesayangan Anda sudah diasuransikan. Cek polis asuransi Anda, apakah sudah ada perluasan jaminan untuk risiko banjir, badai, angin topan, & tanah longsor? Jika belum, segera hubungi provider asuransi Anda. Jangan lupa! simpan nomor telepon penting untuk bantuan darurat di jalan.

Sumber : DapurPacu.com

adm

Leave a Reply

Top
WhatsApp chat