You are here
Home > Tentang PI-ONE > Q & A
Q : Apa itu PI-ONE?
A : PI-ONE nama singkat dari sebuah Klub Otomotif yang kepanjangannya adalah Pajero Indonesia ONE alias Pajero Indonesia Satu.
 —
Q : Kenapa nama klubnya Pajero Indonesia ONE ?
A : Karena ini kumpulan (tempat bersatunya) dari pemilik dan pengguna kendaraan Pajero dari berbagai generasi dan varian, mulai dari Gen1 sampai yang terakhir All New Pajero Sport yang ada di wilayah NKRI (Indonesia).
 —
Q : Apakah ada makna lain dari penambahan kata “ONE” atau “Satu”?
A : Betul sekali, selain diharapkan para anggota di klub ini bisa selalu bersatu ditengah perbedaan-perbedaan yang pasti ada. Kata ONE atau Satu juga merupakan doa dan harapan agar klub ini bisa menjadi yang klub nomor satu diantara klub sejenis.
 —
Q : Apakah PI-ONE telah memiliki Kepengurusan?
A : Iya. Saat ini telah ada Kepengurusan Nasional yang diketuai oleh Ketua Umum/Presiden dan Kepengurusan Wilayah dan Chapter yang diketuai oleh Koordinator Wilayah dan Ketua Chapter.
 —
Q : Apa pembeda PI-ONE dari Klub/Komunitas sejenis?
A : PI-ONE adalah murni klub otomotif dimana Anggota lah yang berperan secara penuh. Pasangan Anggota (Istri, Suami ataupun Pacar) tidak memiliki suara dan keterlibatan aktif di Klub. Pasangan/keluarga dilibatkan jika dipandang perlu untuk membantu pelaksanaan suatu kegiatan.
 —
Q : Adakah hal lain?
A : Pasangan Anggota tidak diendorse /difasilitasi untuk melembaga dan membentuk ‘organisasi’ yang mengacu ke keorganisasian di PI-ONE.
 —
Q : Apakah PI-ONE menerapkan tata tertib yang mengikat ke para Anggota?
A : Tata tertib PI-ONE tetap akan ada namun itu bersifat normatif dan etika kepatutan saja yang intinya adalah supaya terwujud kenyamanan dan keselamatan para Anggota dan Masyarakat.
 —
Q : Apakah Anggota PI-ONE dilarang mengikuti Komunitas sejenis?
A : Betul, bagi anggota yang telah bergabung dengan PI-ONE tidak diperkenankan untuk bergabung sebagai anggota di klub sejenis.
 —
Q : Apakah di Klub PI-ONE penggunaan strobo dan sirene diperkenankan?
A : Banyak perdebatan masalah hal ini. Namun yang terpenting, penggunaan asesories tersebut bukan dimaksudkan utk ugal-ugalan dijalan dan pengguna mengerti konsekwensi hukumnya kita tidak akan mempermasalahkan hal ini.
 —
Q : Apakah di Klub PI-ONE juga akan menggunakan patwal?
A : Penggunaan patwal sifatnya situasional sesuai dengan keperluan. Kalaupun suatu saat ada penggunaan patwal, sifatnya adalah untuk penanda bahwa touring/konvoi ini adalah resmi diketahui oleh aparat yang berwenang. Dan diharapkan penggunaan patwal bukan dimaksudkan untuk mendapatkan keistimewaan dijalan dari pengguna jalan lainnya.
 —
Q : Apakah di PI-ONE ada kewajiban membayar biaya pendaftaran dan iuran keanggotaan?
A : Tidak ada biaya pendaftaran di Klub PI-ONE. Anggota baru hanya diwajibkan membeli Starter Kit senilai Rp 600rb yang terdiri dari Seragam, Kartu Anggota, Buku Saku dan Sticker.

Iuran tahunan dikenakan untuk tahun kedua keanggotaan sebesar Rp 600rb untuk dana pembinaan, keanggotaan dan publikasi.

 —
Q : Apa yang diharapkan PI-ONE dari Anggota untuk membantu pendanaan klub?
A : Anggota bisa berdonasi secara sukarela jika ada kegiatan-kegiatan klub yang memerlukan pendanaan. Dan juga menyediakan secara sukarela sedikit space di kaca mati kendaraan (belakang/samping) untuk pemasangan sticker dari sponsor resmi Klub.
 —
Q : Apakah Anggota juga akan mendapatkan keuntungan materi dengan pemasangan sticker ini?
A : Betul sekali, Anggota yang dipasangin sticker sponsor akan mendapatkan FEE berbagi dengan klub (50:50).
 —
Q : Apakah diperkenankan untuk berjualan di media-media online PI-ONE?
A : Anggota dan juga partner PI-ONE diperkenankan untuk berjualan produk dan jasa yang tidak melanggar hukum melalui media-media yang telah ditentukan untuk itu.
 —
Q : Apakah ada panggilan resmi di PI-ONE?
A : Sebenarnya bebas” saja, tapi kita di PI-ONE akan membudayakan penggunaan Brother/Bro (Brader) dan Sister/Sis (Sista) untuk keakraban untuk yang belum berumah tangga serta Om & Tante untuk yang sudah berumah tangga.
 —
Q : Bagaimana penomoran keanggotaan di PI-ONE?
A : Anggota diberikan Nomor Anggota, dan bisa memilih sepanjang belum digunakan oleh Anggota yang lain dengan syarat dan ketentuan berlaku. Nomor di PI-ONE tidak mencerminkan senioritas ataupun keistimewaan seorang anggota. Format penulisan nomor Anggota adalah PI1-123-XYZ (initial nama). Contoh PI1-016 RWH
 —
Q : Apakah peranan yang diharapkan dari Anggota ?
A : Diharapkan Anggota berkenan mengajak saudara/teman/rekan kerja untuk bergabung dengan PI-ONE. Dengan semakin bertambah banyaknya Anggota diharapkan Klub akan diminati oleh para Sponsor. Jika banyak sponsor, touring-touring PI-ONE biayanya akan lebih murah.
Top