You are here
Home > Seputar PAJERO > Paddle Shift Mitsubishi Pajero Sport, Pindah Gigi Pakai Jari

Paddle Shift Mitsubishi Pajero Sport, Pindah Gigi Pakai Jari

JAKARTA – Bagi sebagian pemilik mobil bertransmisi otomatis, fitur shiftronic pada tuas perseneling sangat membantu ketika sedang melaju di jalur ektrem. Seperti saat hendak menambah akselerasi atau buat mempertahankan torsi, mode manual ini bisa memudahkan pengemudi dalam mempertahankan kecepatan besutannya.

Namun tidak jarang para pemilik yang merasa kerepotan, saat hendak memindahkan posisi gigi tinggi ke rendah dan sebaliknya, lantaran lengan kiri dibikin sibuk untuk menggeser tuas perseneling maju (+) dan mundur (-).

Seperti pengalaman para pemilik Mitsubishi Pajero Sport. “Beberapa anggota sudah banyak yang mengaplikasi paddle shift buat memudahkan saat turing ke luar kota,” ungkap Julian, ketua umum POC (Pajero Owner Community).

Pemasangan satu set tuas shifter di bawah lingkar setir ini tergolong mudah, karena mengadopsi bawaan Pajero Sport versi Thailand, yang sudah dibekali fitur ini sebagai kelengkapan standarnya. “Satu set seharga Rp 2,8 juta ini terdiri dari paddle shift kanan-kiri termasuk penutup steering columnnya (Gbr.1). Sehingga bisa langsung dipasang tanpa modifikasi terlebih dulu,” urai Sonny Sigar, anggota POC yang kebanjiran order memasang peranti ini.

Langkah awal pemasangan mesti mencopot kabel aki (negatif), untuk menghindari kerusakan pada sistem wiring standarnya. Kemudian membuka boks konsul perseneling otomatis di tengah kabin depan, termasuk mencopot shift knob agar boks bisa diangkat seluruhnya (Gbr.2).

Step selanjutnya menyambung kabel perseneling dengan modul paddle shift tambahan ini. Terdapat tiga kabel dari modul yang diparalel dengan kabel shifter di tongkat perseneling (Gbr.3).

Setelah sistem perkabelan beres, langkah berikutnya memasang tuas pengait pada setir. Tahapan ini butuh ketelitian karena terdapat banyak kabel vital, seperti sistem airbag yang menyatu di balik panel klakson. Lepas kabel warna kuning (airbag) dari soketnya sebelum mencopot lingkar kemudi.

Sebelum melepas setir pastikan posisinya tepat di tengah, dan beri tanda pakai spidol pada poros batang setir bagian atas, untuk memudahkan pemasangan kembali lingkar setir ke posisi semula. Kemudian pasang paddle shift tepat di tengah (Gbr.4), dan kencangkan pakai 3 baut yang terdapat di kolom setir bagian atas.

Sumber : http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/11/01/324943/212/28/Paddle_Shift_Mitsubishi_Pajero_Sport__Pindah_Gigi_Pakai_Jari

adm

3 thoughts on “Paddle Shift Mitsubishi Pajero Sport, Pindah Gigi Pakai Jari

  1. Saya baru pake pajero exceed dan tertarik masang paddle shift ini. Ada nomor atau email pak Sonny sigar yg masang ini? Domisili saya BSD. Thanks

Leave a Reply

Top